logo ms Lhoksukon

Written by Super User on . Hits: 117

HAKIM MAHKAMAH SYAR'IYAH LHOKSUKON MENGHADIRI

ACARA EKSEKUSI HUKUMAN CAMBUK

cambuk

ms-lhoksukon.net

Lhoksukon 21 April 2020 Kepala Kejaksaan Kabupaten Aceh Utara mengundang Ketua Mahkamah Syar'iyah Lhoksukon dan Hakim untuk menyaksikan eksekusi hukuman cambuk Empat orang terpidana pelanggar Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang hukum jinayah di eksekusi hukuman cambuk oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara atas putusan Mahkamah Syar’Iyah Lhoksukon, dihalaman kantor kejaksaan setempat yang dihadiri oleh Ibu Wafa' SH, MH dan Bapak Riki Dermawan, SH.I

Empat terpidana asal Aceh Utara yang melanggar qanun syariat islam  yaitu Martunis (26) dicambuk sebanyak 40 kali dan Nazaruddin (34) dicambuk sebanyak 25 kali setelah dikurangi masa tahanan 5 bulan atau setara 5 kali cambuka, keduanya terbukti melanggar perbuatan Pelecehan seksual tehadap anak.

Sedangkan dua lainnya Zulkifli (39) dan Elvina Hasanah (25) merupakan pasangan pelaku Zina masing-masing dcambuk sebanyak 100 kali tanpa pengurangan. Sementara terpidana  Zulkifli sempat meminta jeda pada hitungan 64 kali, Hal yang serupa dialami Elviana juga mengeluh rasa sakit saat hitungan ke 46. Namun keduanya tetap menyelesaikan hukuman tersebut setelah diberi waktu istirahat.

Sementara Eksekusi  hukuman cambuk tersebut turut dikawal personel Polres Aceh Utara, Satpol PP dan WH kabupaten setempat, disaksikan hakim pengawas dan pengamat (Hawasmat) Jinayat Mahkamah Syar’iah Lhoksukon Wafa' SH,I, MH, Kasatpol PP-WH, Fuad Muktar, dan kepala Dinas kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, dan di tonton seratusan warga.

Kepala Kejaksaan Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi didampingi Jaksa fungsional Harri Citra Kesuma dan Kasi Pidum Yudhi Permana, mengatakan sebelum keempat terpidana di eksekusi cambuk, terlebih mereka diperiksa kondisi kesehatan oleh petugas medis untuk memastikan kondisi kesehataan.

“Eksekusi  ke empat terpidana satu diantaranya wanita dan tiga pria, berdasarkan putusan Mahkamah Syar'iyah Lhoksukon, sedangkan pelaksanaan cambuk sudah tertunda selama satu bulan, karena dampak dari wabah Virus Corona (COVID-19).”kata Pipuk Firman, Selasa (21/4/2020).

Menurutnya, eksekusi uqbat cambuk dilakukan di tengah Pandemi COVID-19, tujuaanya agar proses hukum dapat diselesaikan, sehingga mereka bisa melakukan ibadah puasa dan merayakan lebaran di rumah, kecuali terpidana Martunis yang masih menyangkut dengan kasus narkoba dan sedang menjalani sidang.

“Pada saat pelaksanaan eksekusi Uqubat Cambuk, menerapkan Physical Distancing (Pembatasan sosial atau menjaga jarak) sesuai  standar operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, tujuannya untuk pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).”pungkasnya. 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Jl. Medan Banda Aceh Gampong Alue Mudem KM 304 Kecamatan Kuta Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh 24382

Telp: 0645-8454000 
Fax:  0645-8454007

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

beranda  Lokasi Kantor

 

Info Perkara MS

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Alamat Mahkamah Syar'iyah Se Provinsi Aceh

 

Mahkamah Syar'iyah Lhoksukon@2019